Cari Topik di Blog Ini

: PROSES PEMBUATAN JAMU BERKHASIAT

: PROSES PEMBUATAN JAMU BERKHASIAT

: PROSES PEMBUATAN JAMU BERKHASIAT
Pada umumnya pembuatan jamu campuran herba ditambah 2 gelas air dididihkan sampai tinggal 1 gelas. Hal ini hanya merupakan kebiasaan turun-menurun.
Dari hasil penelitian dibuktikan bahwa mendidihkan jamu selama 10 – 30 menit sudah dapat menyarikan 90 % zat berkhasiat dan ampasnya sudah tidak berguna lagi.

Proses Pembuatan Jamu Berkhasiat
Tumbuhan obat di angin-anginkan selama 2 - 3 hari. Kemudian dipanaskan dengan open pemanas pada suhu 50º C sampai kering (herba). Pemanasan dapat mengurangi efek racun dari herba.

1. Racikan jamu di dekok yaitu didihkan racikan dengan air selama 15 menit.
2. Racikan jamu di infus yaitu didihkan racikan (dikukus) dengan air diatas air mendidih selama 30 menit.
3. Sirop dibuat dari hasil dekok atau infuse ditambah gula dua kali volume / berat didihkan sampai gula larut semua.
4. Jamu instant dibuat dari hasil dekok atau infus ditambah gula dua kali volume / berat dipanaskan dengan api kecil aduk terus sampai kering.
5. Racikan dalam bentuk serbuk disajikan dengan cara disedu.
6. Perhatian racikan jamu yang pahit jangan dicampur gula, karena menjadi semakin pahit.


Cara Pembuatan Formula (racikan) Jamu Berkhasiat
Kendala pembuatan jamu berkhasiat terdiri dari satu jenis tanaman hampir dikatakan tidak mungkin karena memerlukan dosis yang sangat besar.
Missal; Program Pemerintah menggalakkan Temulawak untuk Indonesia Sehat 2010, tanpa menyebutkan dosis, formulasi dan cara pembuatan jamu agar berkhasiat.
Harapan pemerintah tidak akan terjadi karena zat aktif dari temulawak larutnya dalam lemak dan hanya 2 % yang larut dalam air. Nenek moyang kita sangat pintar dengan racikan cabe-puyang. Puyang atau temu-temuan adalah temulawak, kunir, kunir putih, temu mangga, bengle dan temu lainnya. Cabe adalah cabe jawa (piperin)
Dari hasil uji pra klinik ternyata bila 100 g puyang diberikan ke tikus tidak berkhasiat, tetapi setelah ditambah cabe jawa 1 g berkhasiat mencegah tumor dan dinyatakan khasiatnya bisa meningkat 2000 kali lipat pada jam pertama dan selanjutnya turun.
Saran; Uji pra-klinik ini perlu diteliti lebih lanjut oleh pemerintah. Karena Tumerik zat aktif dari Kunir sudah dipatenkan di Amerika. Racikan Jahe-lengkuas telah dipatenkan di Swedia
Masalah lain lagi dari pembuatan racikan jamu adalah tumbuan obat yang sedang booming seperti Mahkota-dewa yang terkenal dengan Buah Racun dari Irian sangat beracun dengan dosis lasim sekali pakai 67 % dari Ld 50.kalau 3 kali pakai menjadi 200 % dari Ld 50
Saran; Pemeritah seharusnya melakukan penelitian yang intensif sampai menemukan dosis yang aman dan mensosialisasikan pada masyarakat

Cara pembuatan Racikan Jamu Berkhasiat

1. Pilihlah tanaman obat yang tidak beracun, yang paling aman adalah dari sayuran.(leunca, seledri, wortel, dll), buah (jeruk nipis, blimbing, jambu, papaya, dll) dan rempah (kunir, temulawak, asam, mrica, pala, serai, ketumbar, jintan hitam, cengkeh, dll)
2. Sebelum membuat jamu carilah buku rujukan atau data dari Internet tentang khasiat dari setiap tanaman yang digunakan
3. Racikan jamu lebih besar dari 5 tanaman obat agar dapat meningkatkan khasiat dan dalam dosis kecil sudah berkhasiat.
4. Gunakan dengan dosis terbagi atau sehari 3 kali agar lebih berkhasiat, dosis lebih kecil dan efek sampingnya dapat diperkecil.
5. Piperin (lada, cabe jawa, sirih), sambiloto, saponin dan eugenol (cengkeh ) dapat meningkatkan khasiat dari puyang dan herbal lainnya.

Cara Pembuatan Jus yang Berkhasiat

1. Jus buah (tomat, apel, ketimun, belimbing dll) dan sayuran setelah dicuci dengan air, direndam dengan air panas selama 5 menit, kemudian dijus. Perendaman dengan air panas bermanfaat untuk menghilangkan residu pestisida dan meningkatkan khasiat.
2. Jus wortel setelah dicuci dengan air, direndam dengan air mendidih selama 5 menit. Perendaman dengan air mendidih bermanfaat untuk merubah karoten (zat warna) tidak bermanfaat menjadi beta-karoten (Provitamin A) yang bermanfaat.
3. Perhatian; Jus daun katuk mentah beracun. Efek samping daun katuk mentah bila dikonsumsi setiap hari, 4 – 7 bulan kemudian akan menimbulkan gejala kerusakan paru dari ringan sampai parah. Bila mau menggunakan daun katuk sebaiknya dimasak selama 30 menit, dosis tidak boleh lebih dari 25 g, dosis terbagi dan tidak boleh mengkonsumsi setiap hari.


Jenis Kegunaan Jamu
Pemerintah selalu menyatakan bahwa jamu berguna hanya sebagai pencegahan (tidak spesifik) bukan penyembuhan penyakit. Hal itu tidak benar bila racikan atau formulasinya tepat seperti jamu Milliherb dapat menyembuhkan penyakit tertentu dan bahkan dapat menyembuhkan penyakit yang belum ada obat modernnya.
Jenis kegunaan jamu meliputi:

* Infeksi dan gangguan saluran nafas, saluran air seni, saluran cerna
* Infeksi gangguan pada limpa, hati, jantung, paru.
* Infeksi dan gangguan bakteri, jamur dan penyakit kulit kronis lainnya
* Infeksi kronis disebabkan bakteri dan virus
* Penyakit penuaan kronis seperti dibetes, hipertensi, reumatik, asam urat.
* Kanker dan sirosis

Kategori*: kesehatan

Website:

Nama:

Telepon / HP:

Gambar:


Powered by EmailMeForm http://www.emailmeform.com/

Description: : PROSES PEMBUATAN JAMU BERKHASIAT, Rating: 4.5, Reviewer: baso gama, ItemReviewed: : PROSES PEMBUATAN JAMU BERKHASIAT

Ditulis Oleh : baso gama // Senin, September 05, 2011
Kategori:

 
Diberdayakan oleh Blogger.